7 Rekor Gila Lamine Yamal di Euro 2024

Lamine Yamal tampil impresif di Euro 2024. (REUTERS/Annegret Hilse)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Lamine Yamal benar-benar tampil gemilang di Euro 2024. Berikut rekor-rekor yang ditorehkan oleh Lamine Yamal di Euro 2024.

Bacaan Lainnya

Lamine Yamal makin bersinar seiring keberhasilan Spanyol masuk babak semifinal Euro 2024. Di laga semifinal, Lamine Yamal mencetak gol dan membawa Spanyol mengalahkan Prancis dengan skor 2-1.

Kegemilangan Lamine Yamal yang terus berlanjut kemudian juga menghadirkan rekor-rekor baru dari dirinya. Berikut tujuh rekor fantastis yang sudah ditorehkan Lamine Yamal di Euro 2024:

1. Lamine Yamal adalah pemain termuda yang berlaga di Piala Eropa. Saat ia diturunkan dalam duel Spanyol vs Kroasia, Lamine Yamal baru berusia 16 tahun 338 hari.

2. Dalam laga Spanyol vs Kroasia itu pula, Lamine Yamal mencatat rekor sebagai pemain termuda yang menorehkan assist. Lamine Yamal memberi assist untuk gol Dani Carvajal.

3. Keberhasilan Spanyol lolos ke fase knock out dan tampilnya Lamine Yamal di laga Spanyol vs Georgia, membuat dirinya jadi pemain termuda yang berlaga di fase gugur Piala Eropa.

4. Lamine Yamal tampil di laga semifinal Spanyol vs Kroasia. Catatan itu juga menjadikan dirinya sebagai pemain termuda yang pernah tampil di semifinal Euro.

5. Lamine Yamal mencetak gol pertama Spanyol ke gawang Prancis yang membuat kedudukan berubah jadi 1-1. Ia membukukan gol tersebut pada usia 16 tahun 362 hari.

6. Lamine Yamal terpilih sebagai pemain terbaik di laga Spanyol vs Prancis. Ia kini juga menyandang status sebagai pemain termuda yang memenangkan gelar man of the match dalam sebuah laga di Euro.

7. Lamine Yamal yang telah menorehkan tiga assist juga memegang rekor assist pemain Spanyol di ajang Piala Eropa. Namun untuk rekor ini, ia masih berbagi tempat dengan Cesc Fabregas, David Silva, dan Dani Olmo.