Arca Ganesha Ditemukan Saat Gali Pondasi Rumah di Sleman

Sebuah arca berwujud Ganesha setinggi kurang lebih 84 sentimeter (cm) ditemukan di wilayah permukiman warga, daerah Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (CNN Indonesia/Tunggul)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Yogyakarta, Pilarmedianusantara.com – Sebuah arca berwujud Ganesha setinggi kurang lebih 84 sentimeter (cm) ditemukan di wilayah permukiman warga, daerah Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bacaan Lainnya

Patung tersebut ditemukan oleh Nur Sarjiman (65), seorang tukang bangunan yang melakukan penggalian untuk pondasi cakar ayam bangunan rumah, Rabu (26/6) siang kemarin.

Sarjiman menyebut arca tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar satu meter. Kala melakukan penggalian, linggisnya tiba-tiba membentur sebuah benda keras.

“Posisinya tengkurap, saya gali, begitu saya congkel ternyata tangan dan putus. Saya lanjutin ternyata ada kepala gajah,” kata Sarjiman ditemui di lokasi.

Selain bagian yang terkena linggis, menurut Sarjiman, arca tersebut masih berbentuk Ganesha. Termasuk satu tangan lainnya yang memegang ujung belalai.

Ia juga menemukan batu berbentuk segi empat menyerupai stupa di samping arca Ganesha itu.

Arca Ganesha itu baru diangkat keluar lubang galian Kamis (27/6) kemarin. Sarjiman menyebut butuh tenaga enam orang untuk mengangkat arca Ganesha tersebut.

“Sendiri nggak kuat, dipikul berenam,” ujarnya.

Arca Ganesha itu sekarang sudah dipindah ke kediaman pemilik lahan ditemukannya arca. Petugas Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman terlihat melakukan pengukuran pada temuan itu.

Jajaran Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X juga sedang menuju lokasi.