Berikut Pengakuan Dokter Lois Setelah Di Tetapkan Sebagai Tersangka Soal Covid-19

Foto dok. Okezone.com Dokter Lois Ditangkap Soal Covid-19

Koresponden : Harry Raja Pratama | Editor : N.Julians

Jakarta, PilarMediaNusantara.com – Dokter Lois Owien angkat bicara usai ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap menyiarkan berita bohong soal Covid-19 yang menimbulkan keonaran publik.

Bacaan Lainnya

Lois Owien merasa yakin bahwa pernyataannya terkait Covid-19 adalah benar. Khususnya, dalam kasus pasien meninggal yang bukan diakibat oleh virus. Menurut Owien, hal itu disebabkan oleh interaksi antar obat yang dikonsumsi para pasien Covid-19 selama menjalani perawatan.

“Dokter forensik klinik plus kerja sama Farmasi membenarkan pernyataan saya tetang interaksi antar obat,” ujar Owien, Selasa (13/7/2021).

Menurut Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. Guru Besar Farmasi UGM, bahwa Secara umum, interaksi ini dapat menyebabkan meningkatnya efek farmakologi obat lain (bersifat sinergis atau additif), atau mengurangi efek obat lain (antagonis), atau meningkatkan efek yang tidak diinginkan dari obat yang digunakan.

Karena itu, sebenarnya interaksi ini tidak semuanya berkonotasi berbahaya, ada yang menguntungkan, ada yang merugikan. Jadi tidak bisa digeneralisir, dan harus dikaji secara individual.