Biden Tak Akan Kirim Roket Jarak Jauh ke Ukraina Buat Gempur Rusia

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak akan mengirim sistem roket jarak jauh ke Ukraina yang bisa menjangkau wilayah Rusia.

“Kami tidak akan mengirimkan sistem roket yang dapat mencapai Rusia ke Ukraina,” kata Biden dikutip dari Reuters, Selasa (31/5).

Pernyataan ini diungkapkan kala pejabat Ukraina meminta bantuan sistem jarak jauh, termasuk Sistem Roket Peluncur Ganda (MLRS), yang dapat meluncurkan beberapa roket sejauh ratusan kilometer.

Meski Biden menyampaikan AS tak bakal mengirimkan sistem roket yang dapat menjangkau Rusia, pejabat senior mengungkapkan MLRS masih dalam pertimbangan.

Biden  juga tak mengumumkan sistem senjata sensitif yang dilarang. Namun, pemerintah AS menerapkan kondisi tertentu terkait penggunaan senjata.

Biden mengaku ingin menolong Ukraina untuk mempertahankan diri, tetapi menolak memberikan senjata yang bisa digunakan Ukraina untuk menyerang Rusia.

Sementara itu, keputusan Biden untuk tak mengirim roket yang bisa mencapai Rusia menuai respons positif dari Kremlin. Wakil Kepala Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan keputusan Washington tersebut ‘rasional.’

“Biden telah mengatakan Amerika Serikat tidak akan mengirimkan sistem roket yang bisa mencapai Rusia ke Ukraina. Itu masuk akal,” kata Medvedev dalam akun Telegram-nya, Senin (30/5), dikutip dari Tass.