Bupati Bima Hadiri Pembukaan STQ Tingkat Kecamatan Sape

Jurnal Pilar | Bupati Bima Hadiri Pembukaan STQ Tingkat Kecamatan Sape

Bima, Pilarmedianusantara.com – Pawai Ta’ruf Kafilah dari seluruh desa peserta yang dipandu Marching Band SMAN 1 Sape menandai dimulainya kegiatan Seleksi Tilawah Qur’an (STQ) Tingkat kecamatan Sape Tahun 2022 yang berlangsung Jumat malam (9/9) di Arena Utama Aula Kantor Camat Sape.

Bacaan Lainnya

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE yang didampingi Camat Sape Muh. Akbar SP, M.Si, para Kepala OPD dan Kabag Lingkup Setda, Camat Lambu dan Camat Lambitu saat membuka STQ dalam sambutannya secara khusus memberikan apresiasi atas kiprah Kecamatan Sape dalam penyelenggaraan kegiatan tilawah.

Dihadapan Camat, Muspika, para Kepala Desa, Kepala sekolah, kepala UPT dan majelis taklim yang menghadiri Pembukaan STQ Bupati mengungkapkan, “pada setiap momen penyelenggaraan kegiatan MTQ dan STQ, kecamatan Sape merupakan lawan tangguh bagi kecamatan lainnya. Sape menjadi juara umum MTQ bukan secara kebetulan tetapi berkat upaya pembinaan sistematis mulai dari usia dini hingga tingkat dewasa dan menyiapkan para kafilah untuk tampil dalam event besar.

Namun demikian akhir-akhir ini berbagai dinamika seperti munculnya kasus pemanahan yang pelakunya adalah remaja dan pemuda merupakan kewajiban para orang tua, pendidik dan keluarga untuk mengingatkan generasi muda agar melibatkan diri dalam kegiatan positif dan menjauhkan diri dari kegiatan negatif. Peran keluarga dan orang tua khususnya Ibu sangat penting dalam membentuk pribadi generasi muda.

Dengan demikian maka kita berharap, MTQ dan STQ bisa menjadi tempat untuk menyalurkan hal-hal positif bagi tumbuh kembangnya remaja dan anak-anak. Ungkap Bupati.

Menutup sambutannya, Bupati Bima menitipkan harapan kepada Dewan Hakim agar benar-benar memberikan penilaian secara objektif sesuai kemampuan yang ditampilkan pada Qori dan Qariah. “Penilaian yang objektif akan menambah kepercayaan diri para Qari dan Qariah untuk meraih prestasi secara sehat’. Tandasnya.

Ketua Panitia Subhan H. Ismail, S.Pd.I dalam penyampaiannya mengatakan, penyelenggaraan STQ ditujukan bagi tumbuhnya nilai-nilai Al-Qur’an pada setiap jiwa khususnya generasi Islam demi kebahagiaan dan keselamatan hidup.

“STQ tahun ini akan berlangsung selama enam hari mulai Jumat – Rabu (9 – 14) September 2022 yang mencakup mata lomba tilawah 124 peserta dan 75 peserta lomba tahfiz sehingga total 199 peserta”. Jelasnya.

Prosesi pembukaan STQ ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Bima yang didampingi Camat Sape dan Ketua Panitia, dilanjutkan dengan penyerahan 600 eksemplar Al-Quran kepada para Kepala Desa. Paket Al-Qur’an tersebut merupakan sumbangan masyarakat Sape melalui Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Munawwarah Kecamatan Sape.(H.Red)