Cisarua Puncak Diterjang Banjir, Mega Mendung Tanah Longsor

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Banjir menerjang Kampung Ciburial, Kecamatan Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor usai hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Selasa (31/5).

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan hujan deras dengan durasi lama itu mengakibatkan naiknya debit Kali Baru Jeruk.

Bacaan Lainnya

“Serta buruknya drainase mengakibatkan banjir genangan dengan tinggi muka air kurang lebih 50cm,” kata Adam dalam keterangannya.

Berdasarkan hasil pendataan, sebanyak tiga RT dan lima unit ruko terdampak genangan banjir. Selain itu, akses Jalan Cibural rusak karena terdampak derasnya banjir.

“Untuk saat ini air genangan sudah surut pada pukul 18.30 WIB dan sebagian rumah dan ruko sudah dibersihkan oleh pemilik dan warga setempat,” ucap Deni.

Selain banjir, tanah longsor dan rumah ambruk juga terjadi di Kampung Pabuaran, Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Disampaikan Adam, tanah longsor yang terjadi di RT 02/03 Kampung Pabuaran terjadi karena hujan deras mengakibatkan tebing dengan panjang 5 meter dan lebar 8 meter longsor.

“Disebabkan hujan dengan intensitas deras yang cukup lama mengakibatkan tebingan mengalami longsor yang berdampak pada rumah warga,” ujar Adam.

Sementara untuk rumah ambruk di RT 01/04 Kampung Pabuaran juga terjadi karena intensitas hujan yang tinggi dan kondisi rumah yang sudah lapuk.

“Untuk saat ini rumah masih bisa ditempati,dan sudah diberi edukasi ke korban oleh tim untuk antisipasi longsor susulan,” kata Adam.