Desa Penapali Menjadi Duta Lomba Desa Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Bima

Jurnal PilarMedia | Hardin, S. Pd-Kabiro Kota & Kab. Bima

Penapali Bima, pilarmedianusantara.com – Tim Penilai Lomba Desa dan Posyandu Tingkat Kabupaten Bima, dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kamaruddin S.Sos, beserta beberapa anggota tim profesional dari berbagai instansi, melakukan penilaian di Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00, Senin, 22 Mei 2024, dengan beberapa titik penilaian di Kantor Desa Penapali dan lokasi lainnya.

Bacaan Lainnya

Desa Penapali terpilih menjadi duta Kecamatan Woha, disambut hangat dan penuh semangat oleh warga setempat. Salah satu warga, yang identitasnya dirahasiakan, menyatakan kebanggaannya karena desanya terpilih sebagai perwakilan dalam lomba tingkat kecamatan.

Tim penilai tiba di Desa Penapali sekitar pukul 09.00 dan disambut hangat oleh seluruh perangkat pemerintah desa, termasuk Camat Woha Irfan H. Muhammad Noor dan Kepala Desa Penapali, M. Taher, serta warga Penapali. Hadir pula MUSPIDA, Ketua TP. PKK Kecamatan Woha, Koordinator Wilayah/UPT, Kepala Sekolah, dan Ketua BPD beserta anggotanya.

Kehadiran tim penilai di Desa Penapali disambut meriah dengan iringan drumband dari Ponpes Al-Maliki, yang berlokasi di desa tersebut. Kades Penapali, M. Taher, bersama Camat Woha Irfan H. Muhammad Noor, menyambut tim dengan pengalungan bunga dan Tari Wura Bongi Monca. Kades Penapali, yang akrab disapa Taher, mengungkapkan kebanggaannya karena Desa Penapali dapat menjadi duta dan berharap desa ini bisa tampil sebagai yang terbaik.

Kegiatan penilaian ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan kesempatan bagi Desa Penapali untuk menunjukkan berbagai kemajuan dan inovasi yang telah dicapai. Dalam acara tersebut, berbagai program unggulan desa dan inisiatif masyarakat dipaparkan kepada tim penilai, termasuk usaha dalam meningkatkan pelayanan publik, pengelolaan lingkungan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Penapali, M. Taher, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh warga dan pihak-pihak terkait yang telah bekerja keras mempersiapkan desa untuk kompetisi ini. Ia berharap kolaborasi dan semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh masyarakat dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Bima.

Camat Woha, Irfan H. Muhammad Noor, juga memberikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras yang ditunjukkan oleh Desa Penapali. Ia menyampaikan bahwa kompetisi ini bukan hanya tentang meraih gelar juara, tetapi juga tentang bagaimana desa-desa dapat belajar dan berkembang bersama, berbagi pengalaman dan solusi untuk menghadapi tantangan yang ada.

Selama kunjungan, tim penilai juga berkesempatan melihat langsung kegiatan di Posyandu, berbagai produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Penapali, serta fasilitas umum yang ada di desa tersebut. Semua ini dinilai sebagai bagian dari upaya desa dalam meningkatkan kualitas hidup warganya.

Acara penilaian diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara tim penilai dan warga desa. Banyak masukan dan saran yang disampaikan, yang diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan lebih lanjut. Tim penilai juga mengapresiasi keramahtamahan dan semangat yang ditunjukkan oleh Desa Penapali, yang dianggap sebagai modal penting dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Dengan semangat kebersamaan dan dukungan penuh dari semua pihak, Desa Penapali optimis dapat memberikan yang terbaik dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima. Semoga upaya ini dapat membawa manfaat besar bagi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat. (red/pmn/hardin marewo)