Empat Negara Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 sudah memastikan tiket semifinal Piala AFF U-16 2024. (Dok. PSSI)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Setelah pertandingan matchday terakhir Grup B, calon lawan Timnas Indonesia U-16 pada babak semifinal Piala AFF U-16 2024 mengerucut menjadi empat.

Bacaan Lainnya

Semula, usai anak asuh Nova Arianto menang 6-1 atas Laos dan memastikan posisi sebagai juara Grup A, terdapat lima negara yang bisa menjadi lawan Indonesia pada babak semifinal.

Menurut perkembangan yang terjadi kemudian dipastikan Vietnam tidak akan menjadi lawan Zahaby Gholy dan kawan-kawan pada babak semifinal. Kesebelasan junior dari negeri Paman Ho tidak akan berjumpa tim Merah Putih pada babak perebutan tiket final karena memastikan tempat di posisi puncak Grup B.

Dalam bagan pertandingan semifinal, juara Grup A tidak akan berjumpa juara Grup B.

Alih-alih menghadapi juara Grup B, juara Grup A akan menghadapi runner up Grup B atau juara Grup C.

Penghuni semifinal Piala AFF U-16 2024 akan terdiri dari juara Grup A, B, dan C, serta satu runner up grup terbaik.

Hingga kini runner up grup terbaik belum diketahui karena masih menunggu hasil pertandingan Grup C yang baru akan dilaksanakan pada Sabtu (29/6) sore.

Jika runner up grup terbaik menjadi milik Kamboja yang kini menghuni peringkat kedua di Grup B, maka dipastikan Garuda Muda akan menghadapi Kamboja.

Sementara apabila runner up grup terbaik menjadi milik selain dari Grup A atau C, maka Indonesia akan menghadapi juara Grup C.

Kamboja untuk sementara merupakan negara penghuni posisi runner up terbaik, namun posisinya masih bisa digeser Thailand atau Australia.

Skuad Negeri Gajah Putih dan tim junior Socceroos juga bisa lolos ke semifinal melalui jalur juara grup. Jika bisa menjadi juara grup, maka Thailand atau Australia akan menghadapi Indonesia di semifinal.

Selain Kamboja, Thailand, dan Australia, Malaysia juga masih memiliki kans menjadi lawan Indonesia karena punya kans menjadi juara Grup C.