Inggris Satu-satunya ‘Tim Hijau’ di Semifinal Euro

Inggris belum punya koleksi gelar Piala Eropa dalam sejarah mereka. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Di antara empat tim di babak semifinal Euro 2024, hanya Inggris yang belum punya pengalaman jadi juara.

Bacaan Lainnya

Empat tim yang bertahan di babak semifinal Euro 2024 adalah Spanyol, Prancis, Inggris, dan Belanda. Dari empat tim tersebut, hanya Inggris yang belum pernah mengangkat trofi juara Euro.

Catatan terbaik Inggris adalah posisi runner up. Hal itu mereka capai di Euro 2020 saat mereka lolos ke babak final namun kalah dari Italia di partai puncak.

Karena itulah Three Lions sangat berhasrat menuntaskan ambisi mereka jadi tim terbaik di Euro 2024. Terlebih skuad yang ada saat ini lebih matang dibandingkan tiga tahun lalu.

Belanda pernah mengukir sejarah manis di Piala Eropa 1988. Saat itu trio Marco Van Basten-Ruud Gullit-Frank Rijkaard jadi motor kemenangan Belanda. Pelatih Belanda saat ini, Ronald Koeman juga ambil bagian dalam skuad tersebut dan bakal berusaha mengukir sejarah sebagai sosok yang mampu mengantar Belanda juara Piala Eropa baik sebagai pemain maupun pelatih.

Prancis sudah dua kali mengangkat trofi juara Piala Eropa. Momen itu terjadi di edisi 1984 saat era Michel Platini dan kawan-kawan lalu terulang di edisi 2000 ketika masa Zinedine Zidane dan kawan-kawan.

Sedangkan Spanyol saat ini memegang rekor sebagai negara dengan jumlah gelar juara terbanyak bersama Jerman. La Furia Roja sudah tiga kali jadi juara Piala Eropa.

Momen pertama terjadi pada edisi 1964 saat Spanyol jadi tuan rumah. Sedangkan dua gelar berikutnya hadir di era emas Spanyol yaitu pada edisi 2008 dan 2012 lewat tim yang juga memenangkan Piala Dunia 2010.

Torehan juara Euro 2008 dan 2012 itu sendiri membuat Spanyol jadi satu-satunya tim yang berhasil back to back champions dalam sejarah Euro.