Jaringan 3G IM3 Diklaim Sudah Shutdown Hampir 100 Persen

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Jaringan 3G milik IM3 Ooredoo diklaim sudah dimatikan hampir 100 persen. Perusahaan pun kini fokus pada pengembangan jaringan 5G.

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Muhammad Danny Buldansyah mengaku layanan 3G itu terbagi atas jaringan milik Indosat dan Tri, yang sebelumnya milik Hutchison.

“Untuk Im3 sudah hampir 100 persen 3G shutdown, yang Hutchison setelah integrasi saat ini mendekati 70-80 persen. Akhir tahun kita shutdown (3G) semuanya,” ujar Danny kepada wartawan, Selasa (31/5) di Jakarta.

Sebagai informasi pada November 2021, PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia resmi bergabung atau merger. Saat ini keduanya masih dalam tahap integrasi teknologi.

Ia menuturkan di umurnya yang baru 147 hari IOH masih melakukan transisi. Dua perusahaan, katanya, memiliki karakter berbeda. Termasuk, dalam hal jaringan 3G yang menyokong 4G.

Danny memprediksi proses integrasi kedua perusahaan itu akan tuntas pada Desember 2022, kurang lebih satu tahun dari penetapan merger.

“Ini rencananya selesai satu tahun, jadi sebagian besar selesai Desember tahun ini sudah menjadi satu dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Ada sisa sedikit Maret tahun depan,” jelas dia.

Saat ini, pihaknya fokus untuk memperluas jaringan 5G di sejumlah kota. Bentuknya, pembangunan menara BTS baru.

“800 (BTS) sampai akhir tahun, mulai semester II,” tandas dia.