Kata-kata Pelatih Brasil Soal ‘Dicuekin’ Pemain Jelang Adu Penalti

Dorival Junior menjelaskan soal dirinya berada di luar lingkaran pemain jelang adu penalti Brasil vs Uruguay di Copa America 2024. (Getty Images via AFP/KEVORK DJANSEZIAN)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Pelatih timnas Brasil Dorival Junior memberi penjelasan soal pemain-pemain yang terlihat cuek terhadap instruksinya jelang adu penalti melawan Uruguay pada babak perempat final Copa America 2024.

Bacaan Lainnya

Jelang adu penalti yang berakhir dengan kekalahan untuk Brasil tersebut, para pemain Tim Samba membentuk lingkaran. Marquinhos dan kawan-kawan saling berbicara satu sama lain, tampak pula saling menyemangati.

Sementara Dorival tidak ada di dalam lingkaran tersebut. Pelatih yang pernah menangani klub-klub besar di Brasil seperti Vasco da Gama, Santos, Flamengo, Fluminense, dan Sao Paulo tersebut menyatakan dirinya sudah lebih dulu memberi instruksi pada pemain secara personal dan kembali memberi pengarahan setelah ada lima pemain terpilih untuk menjadi algojo adu penalti.

“Saya berada di luar karena saya sudah berbicara dengan masing-masing dari mereka tentang apa yang ada di pikiran saya. Ketika lima penendang sudah ditentukan, saya berbicara tentang apa yang sudah dilatih,” terang Dorival dilansir dari Terra.

“Faktanya latihan [penalti] sudah dimulai sejak hari pertama di Orlando. Kami sudah mulai latihan penalti karena kami tahu kemungkinan akan menjalaninya untuk menentukan pertandingan,” katanya menambahkan.

Video viral soal Dorival yang tak dipedulikan pemain-pemain skuad Canarinho kemudian dibandingkan dengan pelatih Uruguay Marcelo Bielsa yang memberi petunjuk dan berada di tengah-tengah skuad Albiceleste.

Netizen pun mengeluarkan komentar-komentar yang menyudutkan pemain Brasil perihal tidak diikutsertakannya Dorival dalam perbincangan jelang momen menentukan tersebut.

Brasil gagal melangkah ke semifinal setelah kalah dari Uruguay dalam adu penalti. Sebelumnya Brasil dan Uruguay hanya bermain imbang tanpa gol.

Anak asuh Dorival gagal tampil impresif selama Copa America 2024. Dalam empat laga, Brasil hanya menang sekali, yakni ketika mengalahkan Paraguay.