Kata-kata Pelatih Jerman Usai Depak Denmark di 16 Besar Euro 2024

Julian Nagelsmann di tengah para pemain Jerman di Euro 2024. (REUTERS/Angelika Warmuth)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com– Timnas Jerman melangkah ke perempat final Euro 2024 usai menang 2-0 atas Denmark di babak 16 besar, Minggu (30/6) dini hari WIB. Dua gol Der Panzer dicetak Kai Havertz dan Jamal Musiala pada babak kedua.

Bacaan Lainnya

Pertandingan Jerman versus Denmark juga memunculkan kontroversi karena ada tiga gol yang dianulir dan laga sempat dihentikan hampir 30 menit di babak pertama karena badai di Dortmund.

Meski begitu, Jerman tetap memegang kendali di sebagian besar pertandingan, tapi sang pelatih Julian Nagelsmann menegaskan masih ada ruang untuk perbaikan sebelum timnya menghadapi Spanyol atau Georgia di babak perempat final.

“20 menit pertama pertandingan adalah yang terbaik yang kami mainkan di turnamen ini dan kemudian jeda hujan membuat semua orang gelisah,” kata Nagelsmann, seperti dilansir situs resmi Euro 2024.

“Denmark tidak mendapat peluang di babak pertama, tapi di babak kedua memberikan tekanan yang lebih besar kepada kami. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan menjelang perempat final, kami perlu sedikit lebih bersabar dalam membangun pertahanan, bertahap saat naik dan menunggu momen kami,” lanjutnya.

Ditanya apakah ekspektasi para penggemar akan meningkat setelah Jerman memenangkan pertandingan sistem gugur pertamanya dalam delapan tahun, Nagelsmann menyebut anak-anak asuhannya tidak memiliki tekanan lebih dari biasanya saat lolos babak 16 besar.

“Saya pikir para penggemar dan juga ekspektasi dari para penggemar kami adalah dorongan besar bagi kami,” ujar pelatih berusia 36 tahun ini.

“Kami bisa mengatasi tekanan. Bagi saya, itu masih sebuah keistimewaan, dan kami juga sampaikan kepada para pemain bahwa merupakan sebuah keistimewaan untuk memainkan pertandingan sepak bola di bawah tekanan. Semua pemain sudah terbiasa menghadapinya, jadi tidak ada masalah,” tambahnya.

Nagelsmann juga memuji Kai Havertz yang dengan tenang mencetak gol lewat penalti pada menit ke-53. Jerman, kata dia, juga banyak dibantu para suporter yang terus setia mendukung sepanjang pertandingan.

“Kai melakukannya dengan sangat baik dari titik penalti. Kami berhasil melewati kesulitannya, dengan bantuan dari para pendukung. Saya bangga dengan tim yang mulai menyadari betapa bagusnya mereka,” tutur Nagelsmann.