Kepala Dinas Kesehatan Bima Dorong Penguatan Posyandu untuk Layanan Kesehatan Primer

Jurnal PilarMedia | Hardin, S.Pd

Kota Bima, pilarmedianusantara.com — Fahrurahman, SE,.MSi, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, mengawali kegiatan penting dengan membuka Pertemuan dan Sosialisasi Kelompok Kerja Kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) di Hotel Lila Graha, Kota Bima, hari Kamis lalu. Hadir dalam acara ini, para pemimpin bidang kesehatan termasuk Kepala Bidang Lingkup Dikes, Ketua Tim Kerja Lingkup Dikes, dan sejumlah Kepala Puskesmas dari wilayah Kabupaten Bima.

Bacaan Lainnya

Diskusi yang berlangsung padat tersebut mengulas tentang integrasi layanan kesehatan primer di posyandu keluarga, sebagai bagian dari upaya Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan aksesibilitas layanan promotif dan preventif di tingkat yang lebih dekat dengan masyarakat.

Fahrurahman, SE,.MSi, dalam pidatonya menekankan pentingnya evolusi layanan kesehatan di posyandu, yang saat ini difokuskan pada lima tahap esensial: registrasi, penimbangan dan pengukuran, pencatatan dan pemeriksaan, pelayanan kesehatan dan edukasi, serta validasi dan harmonisasi data hasil layanan. Integrasi ini bertujuan untuk memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) melalui penggunaan dashboard situasi kesehatan per desa/kelurahan.

“Posyandu beserta kader-kadernya memegang peranan utama dalam menyediakan layanan kesehatan dasar kepada masyarakat di tingkat desa/kelurahan,” ujar Fahrurahman.

Kegiatan yang berjalan lancar dan berhasil ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal yang signifikan dalam memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Kabupaten Bima, dengan fokus pada peran sentral posyandu dalam menyediakan layanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. (red/pmn/hardin)