KORMI Kabupaten Tangerang dan DISPORABUDPAR Bersatu Demi Kegiatan Olahraga Tradisional yang Meriah

Kabupaten Tangerang, pilarmedianusantara.com – Semangat kebersamaan untuk memajukan olahraga tradisional semakin menggelora di Kabupaten Tangerang. Dalam rangka pelaksanaan program kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tangerang melakukan pertemuan strategis dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (DISPORABUDPAR) Kabupaten Tangerang. Pertemuan ini menjadi langkah awal untuk menyelenggarakan perlombaan olahraga tradisional yang akan menjadi magnet bagi para pelajar se-Kabupaten Tangerang pada 7 Juni 2024

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan KORMI dan DISPORABUDPAR ini menjadi wadah untuk merumuskan rencana pelaksanaan yang matang demi kesuksesan acara. Drs. Iratmoko, Wakil Ketua 3 KORMI Kabupaten Tangerang, menyampaikan komitmennya untuk menggelar acara yang meriah dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia. “Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk mempertahankan dan melestarikan olahraga tradisional sebagai bagian dari warisan budaya bangsa,” ujarnya dengan penuh semangat.

Bacaan Lainnya

Sekretaris DISPORABUDPAR Kabupaten Tangerang, Drs. Karnadi, turut menyambut baik kerjasama ini. “Kami sangat mendukung inisiatif dari KORMI untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional di kalangan pelajar. Ini adalah langkah positif dalam menjaga identitas budaya daerah,” ujarnya.

Acara yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 15 Juni 2024 di Alun-Alun Tiga Raksa Kabupaten Tangerang akan menampilkan sejumlah cabang olahraga tradisional yang menarik. Antara lain Ketapel (Beregu), Sumpitan (Beregu), Egrang (Pa/Pi), Lari Balok (Pa/Pi), Terompah Panjang (Pa/Pi), Dagongan (Pa/Pi), Hadang (Pa/Pi), Gebuk Bantal (Pa/Pi), Gasing (Pa), dan Bola Sundul (Pa).

Pertemuan ini juga menitikberatkan pada persiapan teknis dan administratif guna menjamin kelancaran acara serta keamanan dan keselamatan peserta. Tim teknis dari KORMI dan pejabat pendamping dari DISPORABUDPAR Kabupaten Tangerang akan bekerja sama secara intensif untuk memastikan semua persiapan telah dilakukan dengan baik.

Momen ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi generasi muda tentang pentingnya menjaga dan memperkenalkan olahraga tradisional sebagai bagian dari identitas budaya bangsa. Dengan kolaborasi antara KORMI dan DISPORABUDPAR, diharapkan kegiatan ini akan menjadi tonggak penting dalam membangkitkan minat masyarakat terhadap warisan budaya yang semakin terpinggirkan.

Kabid Olahraga DISPORABUDPAR, Ali Marisan, menekankan pentingnya peran aktif seluruh pihak dalam mendukung kegiatan ini. “Dengan dukungan dari semua pihak, kita bisa mengangkat kembali kejayaan olahraga tradisional dan menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Tangerang,” katanya.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi momen untuk merayakan kebersamaan dan kebanggaan akan budaya lokal, tetapi juga untuk memupuk semangat kompetisi yang sehat dan memperkokoh jalinan silaturahmi antarwarga Kabupaten Tangerang. Dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan, Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Kabupaten Tangerang Tahun 2024 dipastikan akan menjadi peristiwa yang tak terlupakan bagi semua yang terlibat. (red/pmn/ladien)