Lahan bekas tambang di Desa Perlang, disulap menjadi tempat wisata

Lahan bekas tambang di Desa Perlang, disulap menjadi tempat wisata
Foto dok. Danau Pading

Penulis : Rifqi Fauziana | Editor : Sayyid Daffa

Selatan, Pilarmedianusantara.com – Lahan bekas tambang di Desa Perlang, Bangka Tengah berhasil disulap jadi tempat wisata. Inisiator pengembangan tempat wisata adalah para pemuda setempat.

Para pemuda tersebut di desa perlang memanfaatkan lubang bekas galian tambang menjadi lokasi wisata, yaitu Danau Pading.

Terlihat beberapa warga bergotong royong bangun lokasi wisata, danau pading kini di penuhi beberapa pengunjung.

Sebelum Danau Pading dikenal dalam video TikTok yang viral diceritakan upaya mereka mengembangkan lokasi wisata sempat diremehkan penduduk setempat.

Viral video cerita pengembangan Danau Pading. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui video call mengapreasiasi tindakan para pemuda desa perlang yang berhasil mengembangkan tempat wisat di daerahnya. Mereka pun akhirnya diundang bertemu langsung di Jakarta.

“Danau pading ini akan menjadi destinasi wisata berkualitas berkelas dunia mundah-mudahan saya bisa kunjungi danau pading ini di kesempatan Bangka Belitung saya salut sekali kalian adalah anak-anak muda yang mandiri tidak berharap pada pemerintah tapi langsung menghadirkan solusi” Sandiaga Uno.

Terhitung berhasil mengembangkan lokasi wisata, bagaimana rencana sekelompok pemuda Desa Perlang Bangka Tengah untuk Danau Pading yang belum setahun dibuka lokasi wisata umum.