Pesantren Al Mansuriyah Cipete Kecamatan Pinang Kota Tangerang : Pondok Pesantren Yang Mumpuni Dengan Kredibilitas Pembelajaran Yang Terbaik dan Lengkap

Tangerang,pilarmedianusantara.com-Pesantren Al Mansuriyah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka di Indonesia. Dikenal dengan tradisi keilmuan yang kuat dan nilai-nilai keislaman yang kental, pesantren ini berfokus pada pengembangan karakter santri melalui pendidikan agama dan umum. Pesantren Al Mansuriyah berkomitmen untuk mencetak generasi yang berakhlakul karimah, berilmu, dan mandiri.

Pondok pesantren Almansuriyah di pimpin oleh ustadzah Zurni Kamili SPD. i , Mi(madrasah ibtidaiyah) di kepalai oleh AJeng munfiqoturifqiyah SPD. I ,sedang Ma(madrasah Aliyah) dikepalai oleh ustadz.Abdul Aziz S.Hi.

Bacaan Lainnya

Metode Pembelajaran adalah 5 kategori di ponpes Almansuriyah mulai dari Klasikal (Sorogan dan Bandongan) ,Hafalan , diskusi dan musyawarah, dan praktik ibadah.

Klasikal Sorogan adalah Metode yang menekankan pada pembelajaran individual, di mana santri membaca kitab di hadapan kiai atau ustadz untuk dikoreksi.

Klasikal Bandongan adalah Pembelajaran secara kelompok di mana kiai atau ustadz membacakan, menerangkan, dan menjelaskan isi kitab kepada para santri yang menyimak.

Santri diberikan target hafalan ayat Al-Quran, hadits, atau matan kitab tertentu yang kemudian disetorkan kepada pengajar untuk diuji hafalannya.

Santri diajak berdiskusi tentang berbagai topik, baik keagamaan maupun umum, untuk melatih berpikir kritis dan analitis.

Santri secara rutin mempraktikkan ibadah sehari-hari seperti sholat, dzikir, dan amalan sunnah lainnya.

Selain kategori pembelajaran terdapat juga kegiatan Rutin seperti pengajian kitab kuning, Tahfidzul Qur’an,muhadharah, shalat berjamaah, majelis dzikir dan sholawat.

Program Pendidikan agama tingkat dasar hingga menengah yang berfokus pada ilmu-ilmu keislaman seperti fiqh, tauhid, tafsir, hadits, dan bahasa Arab.

 

Pesantren Al Mansuriyah juga menyediakan pendidikan formal dari tingkat dasar hingga menengah atas (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) yang terakreditasi oleh pemerintah.

 

Program-program pelatihan keterampilan seperti pertanian, kewirausahaan, dan teknologi informasi untuk membekali santri dengan keterampilan praktis.

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, seni bela diri, kesenian, dan olahraga juga di laksanakan di pondok pesantren Almansuriyah.

Pesantren Almansuriyah pada tahun ajaran baru 2024/2025 juga membuka Pendaftaran PPDB,untuk santri baru.

Persyaratan Pendaftaran Mengisi formulir pendaftaran , Menyerahkan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga,Menyerahkan pas foto terbaru. Serta menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.

Prosedur Pendaftaran dengan beberapa kriteria seperti mengambil formulir pendaftaran di kantor pesantren atau melalui website resmi,mengisi dan mengembalikan formulir beserta dokumen yang diperlukan,mengikuti tes seleksi masuk (jika ada), melunasi pembayaran biaya pendaftaran sesuai ketentuan.

Pendaftaran biasanya dibuka beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai, dengan pengumuman resmi di website atau media sosial pesantren.

Pesantren Al Mansuriyah menawarkan lingkungan pendidikan yang holistik dan komprehensif, membentuk santri yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan keterampilan hidup yang memadai.(Red/pilar/Ag)