Pj. Wali Kota Bima Dorong Pembangunan Kota Sejahtera di Rakernas APEKSI XVII: Kolaborasi Menuju Indonesia Maju!

Jurnal PilarMedia | Hardin, S.Pd

Balikpapan, pilarmedianusantara.com – Dalam acara yang berlangsung di Balikpapan dari tanggal 3 hingga 5 Juni 2024, H. Mohammad Rum, Penjabat Wali Kota Bima, bersama dengan para pemimpin kota dari seluruh Indonesia berkumpul dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII. Tema yang diusung kali ini adalah “Kota Sejahtera, Indonesia Maju”.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai dengan penuh semangat dalam sebuah welcome dinner pada tanggal 3 Juni 2024, di mana kehangatan sambutan dari tuan rumah, Wali Kota Balikpapan, membuka pintu untuk diskusi dan kolaborasi yang intens selama tiga hari ke depan.

Pada hari keempat, 4 Juni 2024, Presiden Republik Indonesia secara resmi membuka Rakernas APEKSI XVII. Dalam sambutannya, Presiden menegaskan pentingnya kerja sama antar kota dalam mencapai kesejahteraan bersama demi kemajuan bangsa.

Di tengah forum ini, H. Mohammad Rum tidak hanya menjadi pendengar, tetapi juga penyampai gagasan. Ia menyoroti isu-isu krusial dalam pengembangan Kota Bima, termasuk upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif, serta penanganan fasilitas air bersih dan penataan lingkungan.

Rakernas APEKSI XVII diharapkan menjadi momentum untuk berbagi pengalaman, belajar dari praktik terbaik, dan merumuskan strategi bersama dalam menghadapi tantangan perkotaan. Melalui tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju”, acara ini memperkuat komitmen untuk mencapai kesejahteraan bagi seluruh kota di Indonesia, sebagai langkah penting dalam meraih kemajuan bangsa.

Tidak hanya itu, pada tanggal 5 Juni, seluruh delegasi akan melakukan kunjungan ke lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat secara langsung potensi yang dimiliki dalam mendukung visi Indonesia Maju.

Kehadiran H. Mohammad Rum dan rombongan dari Kota Bima dalam Rakernas APEKSI XVII bukan sekadar simbol, melainkan juga bukti nyata dari dedikasi mereka untuk mendukung upaya nasional dalam menciptakan kota-kota yang sejahtera dan berkontribusi pada kemajuan Indonesia. (red/pmn/hardin)