PJ Wali Kota Bima: H. Mohmmad Rum, Muliakan Hafiz Quran dan Guru Ngaji

Jurnal PilarMedia | Hardin, S.Pd

Kota Bima, pilarmedianusantara.com – PJ Wali Kota Bima Muliakan Hafiz Quran dan Guru Ngaji, Pembukaan MTQ di Kolo dan Penutupan MTQ di Jati Baru
PJ Wali Kota Bima Muliakan Hafiz Quran dan Guru Ngaji, Pembukaan MTQ di Kolo dan Penutupan MTQ di Jati Baru
Senin, 10 Juni 2024 Administrator

Bacaan Lainnya

Penjabat (PJ) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum MT, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kelurahan di Kelurahan Kolo, Yang Kemudian di lanjutkan dengan Penutupan MTQ di tingkat kelurahan Jatibaru, pada hari Senin, 10 Juni 2024.

Dalam sambutannya, H. Mohammad Rum menyampaikan beberapa hal penting terkait upaya Pemerintah Kota dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di Kota Bima.

“Kita sangat bangga dan berbahagia melihat banyaknya para hafiz Al-Qur’an yang muncul dari berbagai kalangan usia. Untuk itu, kita ingin para hafiz Al-Qur’an ini kita berikan beasiswa. Kalau kita memberi kemuliaan kepada hafiz Al-Qur’an ini, insya Allah akan ada keberkahan di daerah kita, Pendidikan yang baik untuk para hafiz adalah investasi berharga bagi masa depan kita, karena mereka adalah penjaga kemuliaan Al-Qur’an,” ungkapnya

Selain itu, HM Rum mengungkapkan guru ngaji juga harus menjadi perhatian penting, karena guru ngaji adalah pilar penting dalam pendidikan agama, mereka adalah para pembimbing yang membentuk karakter generasi penerus.

“Saya ingin menekankan pentingnya perhatian kita terhadap para guru ngaji, kita ingin guru ngaji diberikan insentif bulanan. Kalau tidak ada guru ngaji saya yakin dan percaya semua kegiatan MTQ tidak akan ada, oleh karena itu, kita akan kolaborasi untuk memikirkan bagaimana nasib guru ngaji kita di Kota Bima ini,” tandas HM Rum

Rangkaian acara pembukaan MTQ di Kelurahan Kolo diwarnai dengan berbagai penampilan seni Islam, seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh qari setempat dan lantunan shalawat yang diiringi dengan rebana.

Setelah pembukaan di Kelurahan Kolo, PJ Wali Kota Bima juga menghadiri acara penutupan MTQ di Kelurahan Jati Baru. Acara penutupan ini ditandai dengan pengumuman pemenang di berbagai kategori, serta penyerahan piala dan hadiah kepada para juara.

Dalam pidatonya saat penutupan, HM Rum mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengapresiasi semangat semua peserta yang telah berpartisipasi.

“Saya berharap agar MTQ ini dapat terus memotivasi kita semua untuk mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Acara penutupan di Kelurahan Jati Baru juga dihadiri oleh para pejabat Pemerintah Kota, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan lainnya. Selain pengumuman pemenang, penutupan MTQ ini dimeriahkan oleh penampilan kelompok marawis dan penyerahan hadiah doorprize kepada hadirin.

Kegiatan MTQ di kedua kelurahan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di kalangan masyarakat dan mempererat tali persaudaraan antarwarga. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Bima dalam menggalakkan syiar Islam dan mencetak generasi yang cinta Al-Qur’an. (red/pmn/hardin).