PPSDM Kementrian ESDM Propinsi NTB, Bekerjasama Geopark Tambora adakan Diklat Untuk Pemandu Wisata Se-Pulau Sumbawa

Jurnal PilarMedia | Hardin Marewo

Bima NTB, PilarmediaNusantara.com – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Propinsi NTB, bekerjasama dengan dewan pelaksana Geopark Tambora mengadakan pendidikan dan  pelatihan serta sertifikasi untuk para pemandu wisata yang ada di pulau sumbawa, selama 5 hari, sejak 17 mei sampai 21 mei 2022, di hotel Marina Inn, amahami Kota Bima, 17/05/2022.

Bacaan Lainnya

Tujuan dilaksanakan diklat dan sertifikasi untuk para pemandu wisata Geopark Tambora, guna peningkatan kinerja profesional bagi para pemandu wisata yang ada di pulau sumbawa, dalam rangka menyongsong perhelatan akbar yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 mei – 29 mei 2022, yang bertajuk Teka Tambora, 207 tahun Tambora Menyapa Dunia.

Hal ini sangat perlu dilakukan, guna mengantisipasi kehadiran para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, diacara event nasional “Teka Tambora” pada tanggal 27-29 mei 2022 mendatang, disamping itu, sebagai modal para pemandu wisata Geopark Tambora kedepannya, dalam menangani para wisatawan yang akan berkunjung di Geopark Tambora,” ungkap Kadis Pariwisata Kabupaten Bima, Aries Munandar, ST., MT.

Acara yang bertema Peningkatan Profesi Pemandu Wisata Geowisata Demi Optimalisasi Geopark Tambora Sebagai Kawasan Strategis Wisata Nasional ini di hadiri oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noor, Wakil Bupati Kabupaten Dompu, H. Sahrul Parsan ST., MT, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Arief Munandar ST., MT, Wakil Bupati Dompu, Asisten Administrasi Umum Kota Bima, Kadis FSDM Propinsi NTB, Pejabat Eselon II, Kadis Pariwisata Kota Bima, Muhammad Natsir MPd, Kadis Pariwisata Kabupaten Dompu, H. Hairul Insyan, MM dan  Instruktur Pemandu Geowisata General Manager Geopark Tambora, serta di ikuti oleh 30 orang peserta Diklat pemandu Geowisata se-pulau sumbawa.

Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noor berharap, dengan adanya Diklat dan Sertifikasi untuk para pemandu Geowisata ini, dapat meningkatkan sumber daya manusia yang profesional pada bidangnya, serta meningkat daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, untuk dapat mengunjungi Geopark Tambora, maupun tempat tempat wisata yang lain yang ada di pulau sumbawa.

Begitu juga hal nya dengan harapan dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Muhammad Natsir MPd, dengan adanya pendidikan dan pelatihan untuk para pemandu Geowisata se-pulau sumbawa ini, bisa meningkatkan minat dan hasrat bagi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara, untuk datang mengunjungi Geopark Tambora dan tempat tempat wisata yang ada di kepulaun sumbawa yang begitu mempesona dan eksotik ini. (redaksi PilarMedia/Ladien)