Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Sarjana Ekonomi Angkatan XX Tahun Akademik 2022/2023

Jurnal Pilar | Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Sarjana Ekonomi Angkatan XX Tahun Akademik 2022/2023

Bima, Pilarmedianusantara.com – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, berhasil gelar 265 Wisudawan Wisudawati Program Sarjana Strata 1 (S1) Angkatan ke-XX tahun 2023. Kegiatan itu berlangsung di auditorium Kampus STIE Bima, Kamis (26/10/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh PJ Wakil Walikota Bima, Koordinator Layanan Dikti wilayah VIII Bali Nusra Para, Asisten I Kabupaten Bima, pimpinan Bank BSI, Perwakilan Kampus Mitra, Pimpinan BUMN BUMD serta para orangtua Wisudawan Wisudawati.

Saat Acara Berlangsung, Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM mengatakan dalam sambutannya bahwa wisudah yang digelar tahun ini adalah angkatan yang ke XX. jadi dengan banyak para serjana yang menjadi alumni STIE Bima tidak boleh menjadi pengangguran.

“Kita mau seluruh alumni yang lahir dari STIE Bima harus benar-benar giat mencari pekerjaan,” katanya

Lebih lanjut kata dia, segala alumni yang ada di STIE Bima itu memiliki kualitas yang bagus. Baik yang sudah bersaing di tingkat nasional lebih-lebih para wisudawan kali ini.

“Semua dosen yang mengajarkan tentu memiliki SDM yang berkualitas. Artinya alumni juga punya kualitas seperti deson untuk mengasah pekerjaan yang akan dihadapi nanti. Tidak perlu ragu untuk selalu bersaing,” kata Firdaus.

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan dalam kiprahnya STIE Bima terus membangun kerjasama dengan berbagai pihak, tidak hanya dalam negeri namun juga luar negeri.

“Kami tidak hanya bica karang saja. Terbukti Minggu lalu kami melakukan tanda tangan MoU bersama dengan Universitas ternama sebagai bentuk mendukung aplikasi program Kampus Merdeka,” jelasnya.

Beberkan juga, demi mewujudkan visi besar STIE Bima, pihaknya juga membangun fasilitas lengkap. Salah satu yang diresmikan beberapa waktu lalu adalah Inkubator Bisnis yang kedepan didesain menjadi labolatorium prodak.

“Kami harus akui, setiap tahun mahasiswa STIE Bima menciptakan produk baru yang menarik dan unik berbasis potensi lokal melalui program tematik Wiradesa STIE Bima,” bebernya.

Dari sisi itu, STIE Bima juga intens menfasilitasi potensi mahasiswa dalam bidang wirausaha, diantaranya STIE Bima EXPO, Bazar STIE Bima, Gebyar Wirausaha STIE Bima dan lainnya. Inkubator Bisnis menjadi lembaga penjamin produk-produk tersebut berkualitas dan siap edar dengan memperhatikan standar edar nasional, seperti keamanan prodak, kemasan dan lainnya.

Khusus kepada para alumni yang sudah secara resmi menyandang status Sarjana Ekonomi, ia mengungkapkan adanya tanggung jawab besar yang diamanatkan sebagai generasi unggul bangsa ini. Maka dari itu, sudah sepatunya kehadiran para alumni di tengah masyarakat nantinya harus menjadi “lilin ditengah Gelap”.

“Secara umum, jiwa entrepreneurship tidak hanya orang yang bergelut dalam dunia usaha saja. Namun memiliki makna sebagai orang yang memiliki jiwa inovatif, kreativitas tinggi, pantang menyerah, mampu melihat peluang dan lainnya,” ungkapnya.

PJ Walikota Bima Muhamad Rum menyampaikan dalam sambutannya segala bentuk yang diciptakan oleh STIE Bima adalah merupakan serjana yang terarah dan memiliki intelektual yang tinggi.

“Lahirnya generasi di STIE Bima sangat dibanggakan oleh masyarakat. Mampu mengembangkan usaha, dan berkiprah baik diwilayah kepemerintahan,” ucapnya

Asisten I Pemerintah Kabupaten Bima juga sangat mengapresiasi dengan acara wisuda yang dilakukan oleh STIE Bima. Karena dengan itu para dosen-dosen sudah mampu mengedukasi dan menjadi Guru sekaligus