Reaksi STY Usai Indonesia Huni Grup Maut Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae Yong disebut cukup puas dengan hasil undian Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (ANTARA FOTO/HO-PSSI)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Asisten pelatih Choi In Cheol memberitahu reaksi pelatih Shin Tae Yong begitu hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menempatkan Timnas Indonesia di grup maut.

Bacaan Lainnya

Tim Merah Putih menempati Grup C, grup yang paling berat dibandingkan dua grup lainnya. Ini karena Timnas Indonesia berada satu grup dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Dilansir dari situs resmi AFC, Choi mengatakan STY cukup puas dengan hasil dari drawing yang dilakukan.

“Kami berbicara dengan Shin melalui telepon dan dia cukup dengan keadaan saat ini,” ucap Choi.

“Lima tahun terakhir sangat luar biasa di bawah kepemimpinan Shin dan tim telah bekerja dengan sangat baik di bawah kepemimpinannya,” katanya melanjutkan.

Choi juga mengaku sudah memperkirakan Indonesia akan mendapatkan undian yang sulit. Kini, tim pelatih fokus untuk membawa Timnas Indonesia jadi lebih baik.

“Hasil undian yang sulit sudah diperkirakan dan saat ini kami hanya ingin fokus menjaga momentum dan bergerak maju,” ujar pria berusia 52 tahun itu.

Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia setelah menempati posisi kedua di Grup F pada fase sebelumnya. Tim Garuda lolos bersama Irak yang keluar sebagai juara.

Timnas Indonesia merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berhasil melangkah ke babak ketiga yang berarti tahapan final untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2026.