SD Teluk Bango Batujaya Karawang Gelar Wisata Edukasi ke Waterboom Cikarang

Jurnal PilarMedia | Doni Saputra-Kabiro Karawang

Karawang – SD Teluk Bango Batujaya Karawang mengadakan kegiatan safari edukatif untuk siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 dengan mengunjungi Waterboom Cikarang. Acara yang diselenggarakan oleh pihak sekolah ini bertujuan untuk mendidik siswa dalam berinteraksi sosial dengan teman-teman sekelas, sekaligus memberikan kesempatan untuk berekreasi selama liburan sekolah.

Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari orang tua siswa dan para guru. Pihak sekolah mengoordinir perjalanan ini dengan menyewa 17 mobil angkutan umum, memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Para siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti acara ini, yang selain memberikan pengalaman rekreasi juga mempererat hubungan antara siswa, orang tua, dan guru.

Dengan adanya kegiatan ini, SD Teluk Bango Batujaya berharap dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan di luar kelas serta membangun kebersamaan di antara seluruh peserta.

Acara safari edukatif ini dimulai dengan berkumpulnya para siswa, orang tua, dan guru di halaman SD Teluk Bango Batujaya pada pagi hari. Setelah pengarahan singkat mengenai jadwal dan aturan selama perjalanan, rombongan berangkat menuju Waterboom Cikarang menggunakan 17 mobil sewaan yang telah disiapkan.

Sesampainya di Waterboom Cikarang, para siswa langsung disambut dengan berbagai wahana air yang menarik. Mereka diajak untuk mengikuti berbagai aktivitas yang dirancang tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama. Para guru mengorganisir permainan kelompok, sementara orang tua turut serta dalam menjaga keamanan dan kenyamanan anak-anak.

Salah satu orang tua siswa, Ibu Siti, mengungkapkan kegembiraannya atas kegiatan ini. “Acara ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Mereka tidak hanya bermain, tetapi juga belajar untuk bersosialisasi dan bekerjasama. Terima kasih kepada sekolah yang telah mengadakan acara ini,” ujarnya.

Kepala Sekolah SD Teluk Bango Batujaya, Bapak Ahmad, menyatakan bahwa kegiatan seperti ini akan terus diadakan sebagai bagian dari upaya sekolah untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik bagi siswa. “Kami percaya bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas. Melalui kegiatan seperti safari edukatif ini, kami ingin siswa-siswi kami belajar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna,” kata Bapak Ahmad.

Setelah seharian penuh beraktivitas di Waterboom Cikarang, rombongan kembali ke sekolah dengan membawa banyak kenangan indah dan pelajaran berharga. Wajah-wajah ceria dan cerita-cerita seru dari para siswa menjadi penutup yang sempurna untuk kegiatan hari itu.

Kegiatan safari edukatif ini tidak hanya memberikan kesenangan bagi para siswa, tetapi juga memperkuat hubungan antara sekolah dan orang tua, menunjukkan komitmen SD Teluk Bango Batujaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif. (red/PMN/doni)