SMK 73 Cengkareng Gelar Kegiatan Pramuka Bertema Lingkungan di Ragunan

Jurnal PilarMedia | Jurnalis Guswandi

Jakarta Barat, pilarmedianusantara.com – Pramuka SMK 73 Cengkareng akan menggelar kegiatan bertema lingkungan yang akan dilaksanakan di Taman Margasatwa Ragunan pada Sabtu, 13-14 Juni 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan cinta lingkungan di kalangan anggota Pramuka serta memperkuat rasa kebersamaan dan kerjasama antar siswa.

Kegiatan ini akan melibatkan seluruh anggota Pramuka dan siswa SMK 73 Cengkareng. Melalui eksplorasi Ragunan, para siswa diharapkan dapat memahami pentingnya pelestarian flora dan fauna serta menyadari peran mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sekolah SMK 73 Cengkareng, yang diwakili oleh Kepala Sekolah, menyatakan antusiasmenya terhadap acara ini. “Kegiatan Pramuka ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang pentingnya lingkungan, tetapi juga membentuk karakter kepemimpinan dan kerja sama,” ujarnya. Kepala Sekolah juga menambahkan bahwa acara ini merupakan langkah penting dalam upaya membangun kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Cengkareng juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Ia menegaskan bahwa acara semacam ini sangat penting untuk membangun generasi muda yang peduli dan aktif dalam menjaga lingkungan. “Kami mendukung penuh kegiatan ini dan berharap para peserta dapat mengambil pelajaran berharga tentang pentingnya menjaga lingkungan,” katanya.

Kegiatan di Taman Margasatwa Ragunan ini akan melibatkan serangkaian aktivitas edukatif dan interaktif, termasuk pengenalan tentang flora dan fauna yang ada di Ragunan, diskusi tentang upaya pelestarian lingkungan, serta aksi bersih-bersih di sekitar area taman. Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga termotivasi untuk terlibat lebih aktif dalam upaya pelestarian lingkungan di komunitas mereka masing-masing.

“Kami mengajak seluruh anggota Pramuka dan siswa SMK 73 Cengkareng untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Bersama-sama kita jaga dan lestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” ujar salah satu panitia acara.

Acara ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk belajar dan beraksi dalam menjaga lingkungan, tetapi juga sebagai ajang untuk mempererat hubungan antar siswa melalui kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Dengan semangat kebersamaan dan cinta lingkungan, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk perubahan positif yang lebih besar dalam upaya pelestarian lingkungan di masa mendatang.

Dengan ini, seluruh peserta diharapkan dapat membawa semangat dan antusiasme untuk belajar serta berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa yang bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Pada tangal 13-14 Juni 2024, Di Taman Margasatwa Ragunan, menjadi saksi semangat generasi muda yang peduli terhadap lingkungan. Bravo Pramuka SMK 73 Cengkareng, teruslah berpartisipasi aktif untuk terus melestarikan lingkungan dan wujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (red/pmn/guswandi).