Swiss Ogah Adu Penalti Lawan Italia di 16 Besar Euro 2024

Yann Sommer (jersey hitam) ogah adu penalti lawan Italia di 16 besarEuro 2024. (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – Timnas Swiss tidak ingin menjalani adu penalti melawan Italia dalam babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Olympia, Berlin, Sabtu (29/6) malam.

Bacaan Lainnya

Laga di 16 besar jadi duel krusial bagi Italia dan Swiss karena akan ditentukan oleh tim pemenang guna lolos ke perempat final Euro 2024.

Pertandingan tersebut pun berpotensi berakhir adu penalti apabila Swiss dan Italia bermain imbang hingga babak tambahan.

Kiper Swiss Yann Sommer sendiri menggagalkan penalti gelandang Italia Jorginho saat kedua tim bertemu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Meski begitu Sommer enggan melihat Swiss duel adu penalti lawan Italia di 16 besar Euro 2024.

“Saya tidak ingin menghadapi penalti besok malam, [menahan penalti Jorginho] itu adalah masa lalu,” kata Sommer dikutip dari Worldfootball.net.

Akan tetapi, kiper klub Italia Inter Milan tersebut juga tidak takut apabila kedua tim harus menjalani tos-tosan dalam menentukan pemenang.

“Jika ada penalti maka saya akan melakukan yang terbaik untuk mencegahnya,” ucap Sommer.

Sommer yakin pertandingan Swiss vs Italia akan ditentukan dalam momen-momen penting. Karena itu, sebagai kiper yang juga pertahanan terakhir, Sommer berharap bisa jadi bagian dari momen penting tersebut.

“Tujuan kami besok adalah untuk lolos, ini adalah pertandingan knock-out dan setiap insiden menjadi penentu,” tutur Sommer.

“Itu tergantung bagaimana tim bermain pada hari itu dan ke arah mana momen-momen besar berjalan, apakah kami mengikuti gaya Italia atau apakah mereka mengikuti gaya kami,” ucap Sommer melanjutkan.