TNI AU Siapkan Atraksi Udara untuk HUT RI 17 Agustus di IKN Nusantara

Wakil KSAU menegaskan armada dan personel untuk mendukung HUT ke-79 RI di IKN Nusantara itu pun telah disiapkan semua. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jurnal Pilar | Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarmedianusantara.com – TNI Angkatan Udara (AU) bakal melakukan atraksi udara (flypast) pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di langit Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan pada 17 Agustus mendatang.

Bacaan Lainnya

TNI AU pun menegaskan armada dan personel untuk mendukung HUT ke-79 RI di IKN Nusantara itu pun telah disiapkan semua.

“Untuk melaksanakan HUT RI di IKN dari mulai personelnya, alutsistanya kemudian kita akan melaksanakan flypast di sana, kita sudah siapkan semuanya,” kata Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya Andyawan Martono Putra, Rabu (10/7).

Selain itu, Andyawan mengatakan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Tonny Harjono dan sejumlah pejabat sebelumnya telah meninjau IKN.

Ia menyebut persiapan terus dilakukan menjelang perayaan HUT RI di IKN.

“Asisten Personel, Asisten Operasi yang nanti akan bertanggung jawab dalam kegiatan selama di IKN, semaksimal mungkin kita siapkan, karena personel sama alutsista sudah siap semua,” ujar Andyawan.

Sejauh ini pemerintah akan menggelar Upacara HUT RI secara hybrid di IKN Nusantara dan Jakarta pada 17 Agustus 2024 nanti. Presiden Jokowi sebelumnya menjelaskan pelaksanaan upacara secara bersamaan di dua lokasi berbeda itu terjadi lantaran saat ini masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota.

Rencananya Jokowi dan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto–yang kini masih menjabat Menteri Pertahanan–akan menghadiri upacara HUT RI di IKN.

Sementara Wapres Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan upacara di Jakarta

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.