Truk Kontainer Gagal Menanjak, Kontainer Timpa Mobil di Kamal Muara

Jurnal PilarMedia | Jurnalis-Naufal Juliansyah

Jakarta Utara, pilarmedianusantara.com – Kamis (13/6/2024) yang seharusnya biasa di Jalan Kamal Muara Raya, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mendadak mencekam ketika sebuah truk kontainer besar tiba-tiba gagal menanjak. Insiden dramatis ini melibatkan tiga kendaraan dan menimbulkan kekacauan di sekitar lokasi kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Edy Purwanto, kecelakaan ini bermula saat truk trailer dengan nomor polisi B-9826-UEI yang dikemudikan oleh ES (40), warga Subang, kehilangan tenaga di tanjakan dekat Jembatan Kamal. Meskipun pengemudi mobil pikap Triton, APH (30) asal Jakarta, berhasil menghindar dari truk yang mundur, naas bagi Hyundai Creta putih di belakang truk tersebut. Mobil yang dikemudikan oleh seorang perempuan berinisial D, warga Pontianak, tak sempat menghindar dan tertimpa truk yang beratnya ribuan kilogram.

“Truk trailer yang melaju dari arah Selatan ke Utara tiba-tiba kehilangan tenaga di tanjakan Kamal Muara. Pikap Triton yang dikemudikan APH berhasil menghindar, namun trailer mundur dan menyerempet Triton sebelum akhirnya menimpa Hyundai Creta di belakangnya,” ujar Edy Purwanto.

Akibat insiden ini, D mengalami luka-luka dan kendaraan yang terlibat mengalami kerusakan serius. Minibus Hyundai B-2192-UYG rusak parah di bagian atas, sementara bodi samping kanan pikap Triton F-8739-MA penyok. Bagian buntut truk trailer juga mengalami kerusakan parah akibat terbalik.

Kecelakaan beruntun ini bukan hanya menjadi pembelajaran tentang pentingnya kesiapan kendaraan saat menanjak, tetapi juga betapa cepatnya situasi bisa berubah dari biasa menjadi bencana.

Usai kecelakaan yang dramatis tersebut, tim dari Polres Metro Jakarta Utara segera tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi dan mengatur lalu lintas yang sempat macet total. Para petugas bekerja keras untuk memastikan tidak ada lagi bahaya bagi pengguna jalan lainnya dan memindahkan kendaraan yang terlibat kecelakaan dari jalan raya.

“Langkah pertama yang kami lakukan adalah memastikan keselamatan para pengemudi dan penumpang yang terlibat. Pengemudi D segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis,” lanjut Kompol Edy Purwanto.

Selain itu, pihak kepolisian juga mulai melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti dari kecelakaan tersebut. Dugaan awal menyebutkan bahwa truk trailer tersebut mengalami masalah mekanis yang mengakibatkan kehilangan tenaga saat menanjak. Namun, penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada faktor lain seperti kelalaian atau kondisi jalan yang buruk.

“Untuk sementara, kami menduga masalah teknis pada truk sebagai penyebab utama, tetapi kami akan melakukan penyelidikan lebih mendalam untuk memastikan semua faktor yang mungkin terlibat,” tambah Edy Purwanto.

Sementara itu, warga sekitar yang menyaksikan kejadian ini juga memberikan keterangan kepada pihak kepolisian. Beberapa saksi mata menyebutkan bahwa tanjakan di Jalan Kamal Muara Raya memang sering kali menjadi tantangan bagi kendaraan besar, terutama truk kontainer yang membawa muatan berat.

Kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya pemeriksaan rutin dan pemeliharaan kendaraan, terutama bagi kendaraan berat yang kerap melewati jalur menanjak. Pengemudi diimbau untuk selalu memastikan kondisi kendaraan mereka dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan, terutama di jalur-jalur yang berpotensi berbahaya.

Kejadian di Kamal Muara Raya ini mungkin telah mengakibatkan kerusakan dan luka-luka, namun di balik itu, ada pelajaran berharga yang bisa diambil untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya bagi semua pengguna jalan. (red/pmn/NJ)